Informasi Tempat Wisata

WISATA AIR TERJUN
SIMONANG-MONANG


Dari banyaknya tempat wisata yang ada di provinsi Sumatra Utara, nama Simonang-monang adalah salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi oleh pengunjung lokal, yaitu warga kabupaten Asahan.

Simonang-monang dapat diilustrasikan sebagai tempat wisata yang dikelilingi oleh sungai dan hutan. Simonang-monang terletak tepatnya di kecamatan Bandar Pulau kabupaten Asahan provinsi Sumatra Utara. Bila ditempuh dari kota Kisaran kabupaten Asahan, akan memakan waktu sekitar 2 jam untuk dapat sampai ketujuan, mengingat jalan menuju ke Simonang-monang berbatu dan beraspalkan tanah.


Objek wisata yang dapat dinikmati di Simonang-monang berupa sungai dan kesejukan hutan yang telah dibuka untuk akses kendaraan menuju Porsea (nama salah satu pembangkit listrik tenaga air di Sumut).
Para wisatawan yang datang kesana biasanya hanya untuk mandi, memancing dan yang tak kalah pentingnya mengambil beberapa poto untuk dijadikan kenangan.

Sayangnya, tempat wisata ini tidak dikelola dengan maksimal. Hanya mengandalkan sedikit ide dan partisipasi warga setempat untuk mengelola tempat wisata tersebut. Pengelelolaan tempat wisata Simonang-monang melibatkan banyak orang, dalam artian setiap warga yang tinggal disekitar tempat tersebut dapat ambil bagian untuk mendapatkan keuntungan dari pengunjung dengan menjaga parikiran dan berjualan. Mengenai keamanan dan jaminan keselamatan bagi pengunjungpun belum dapat ditangungjawapi oleh orang-orang yang menganggap punya andil dalam mengelolanya.

Sesuai kondisi karakteristik wilayah Kabupaten Asahan memiliki potensi dibidang pariwisata. Namun pengelolaan obyek-obyek wisata tersebut belum dikembangkan secara optimal untuk mendukung "eko-wisata".

Berikut Karakteristik Wisata Simonang-monang:
- Nama tempat wisata : Simonang-monang
- Lokasi : Desa Padang Pulau, Kec. Bandar Pulau Kab. Asahan
Provinsi Sumatra Utara - Indonesia
- Potensi : Air Terjun Simonang-monang
- Jenis objek wisata : Alam/Air Terjun dan Sungai
- Keterangan : Lokal, sedang dikembangkan

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Comments