PAYPAL: Alat Pembayaran Online Favorit Masyarakat Dunia

PayPal adalah perusahaan online yang menyediakan jasa transfer uang melalui
surat elektronik. Pengguna internet dapat membeli barang di ebay, lisensi software original, keanggotaan situs, urusan bisnis, mengirim dan menerima sumbangan, serta mengirim uang ke pengguna PayPal lain di seluruh dunia. PayPal juga menyediakan jasa untuk para pemilik situs e-commerce, pelelangan, dan jenis usaha lain. Februari 2008 PayPal sudah menerima 190 negara dan 16 mata uang, Perusahaan ini terletak di San Jose, California, Amerika Serikat.

Ebay adalah tempat lelang/jual-beli/pasar-online terbesar di dunia yang menggunakan PayPal sebagai alat pembayaran utamanya. Anda dapat mencari dan membeli apapun di sana. Mulai dari barang elektronik, kendaraan, hingga barang-barang langka dari seluruh pengguna ebay didunia.


Sejarah Paypal

Permulaan
Perusahaan Paypal merupakan penggabungan antara perusahaan Confinity dan X.com pada tahun 2000. Confinity didirikan pada desember 1998 oleh Peter Thiel dan Max Levchin yang awalnya sebagai alat pembayaran Palm Pilot dan sebagai perusahaan kriptograpi (ilmu pembacaan sandi, tulisan-tulisan atau angka-angka rahasia). Sedangkan X.com didirikan oleh Elon Musk pada maret 1999, yaitu perusahaan penyedia jasa perencanaan keuangan. Kedua perusahaan itu awalnya beralamatkan di 165 University Avenue di Palo Alto, California.

Pada Februari 2000 rata-rata terdapat 200.000 penawaran barang perhari dengan menggunakan Paypal, dan pada April 2000 lebih dari 1 juta penawaran. Ebay melihat perkembangan itu dan menyimpulkan Paypal cocok sebagai salah satu alat pembayaran di Ebay. Ini dikarenakan masyarakat lebih menyukai Paypal karena mudah dan lebih aman.


Diakuisisi oleh ebay
Paypal sebelumnya telah digunakan sebagai alat pembayaran favorit dengan lebih dari 55% pengguna Ebay dan mengalahkan alat pembayaran ebay lainnya yang saat itu adalah Billpoint. Berdasarkan pertimbangan itu, Ebay mengakuisisi Paypal sebesar US$ 1,5 Miliar Pada tahun 2002. Ebay akhirnya menghapus layanan Billpoint untuk memperkuat Paypal brand.

Banyak saingan utama Paypal akhirnya bangkrut, yaitu Citibank c2it berakhir pada 2003, Yahoo PayDirect berakhir pada 2004, Western union mengakhiri layanan BidPay pada 2005 dan menjualnya pada CyberSource Corporation pada tahun 2006. Saingan Paypal lainnya seperti Moneybookers dan Kagi masih bertahan hingga sekarang.

Pada kuarter pertama 2006 total transaksi melalui Paypal senilai US$8 Miliar, meningkat 41% dari tahun ke tahun. Perusahaan tetap fokus terhadap perkembangan secara internasional dan peningkatan layanan merchant, serta menyediakan
alat pembayaran online bagi pengguna ebay.


Kenyamanan Bertransaksi menggunakan PayPal

Dengan kebijaksanaan perlindungan tertulis untuk pembeli yang menggunakan PayPal menyatakan pembeli dapat melakukan komplain dalam waktu 45 hari jika pembeli belum mendapatkan barang yang dipesan atau jika barang yang dipesan tidak sesuai deskripsi yang di beritahukan penjual. Jika pembeli menggunakan kartu kredit akan mendapatkan pengembalian uang chargeback dari perusahaan kartu kreditnya. PayPal juga melindungi penjual dari pengembalian uang atau komplain yang bohong dari pembeli tergantung situasi dan pembuktian. Kebijakan perlindungan tertulis untuk penjual dirancang untuk melindungi penjual dari klaim pembeli yang mengaku telah mengirim uang yang tidak ada catatan bukti pembayaran dan catatan transaksi, setiap pembelian menggunakan PayPal selalu ada catatan bukti pembayarannya di account PayPal pengirim dan penerima uang, sebagai bukti jika benar telah terjadi pengiriman uang antara keduanya.


Mendaftar di Paypal

Bila tertarik menggunakan PayPal, anda dapat mengunjungi www.paypal.com.
Sebelum mendaftar, siapkan data-data anda untuk membuat account PayPal seperti email, nama, alamat, nomor telepon, dan nomor kartu kredit. (Pastikan nama, alamat, dan nomor telepon yang akan anda isi untuk pendaftaran sama dengan data pada kartu kredit anda)
Selanjutnya klik Sign Up Today untuk mendaftar. Lalu pilih Negara tempat kamu menetap, kemudian pilih tipe account yang anda inginkan sesuai kebutuhan.
Selanjutnya masukan informasi anda seperti email, nama, alamat, nomor telepon. Email yang anda masukan akan menjadi username PayPal anda untuk login atau bertransaksi menggunakan PayPal. Isi Password anda dengan kombinasi huruf dan angka, minimal 8 karakter
Dibagian selanjutnya diinstruksikan untuk memasukan nomor kartu kredit anda yang akan digunakan untuk memasukan dana ke account PayPal anda, Jika anda tidak ingin memasukan data kartu kredit anda sekarang hilangkan tanda Checklist pada bagian Link “my credit card so I can start shopping right away (recommended)”, anda dapat memasukan data kartu kredit anda kemudian setelah login di halaman “My Account”.
Periksa lagi dan pastikan nama, alamat, dan nomor telepon yang anda isi sesuai dengan data kartu kredit anda, jika sudah yakin tekan I agree, create my account
Selanjutnya, anda akan menerima email konfirmasi bahwa anda telah mendaftar dan untuk mengaktifkan account PayPal, buka email dari PayPal tersebut dan klik link konfirmasi yang terdapat didalamnya, untuk konfirmasi bahwa anda adalah pemilik email tersebut
Setelah itu anda akan dibawa kembali ke situs PayPal lagi dan masukan password anda lagi, lalu ikuti langkah selanjutnya, setelah itu anda akan masuk ke halaman My Account.
Jika anda sudah memasukan data kartu kredit ke account PayPal anda, ada link untuk menjadi Verified PayPal account (Kebenaran alamat anda sudah di cek oleh PayPal).

Pilihan 1 : Untuk mendaftar menjadi Verified PayPal account sekarang tekan link untuk mendapatkan 4 digit kode keamanan dari PayPal, yang akan dikirimkan kedalam statement bulanan atau statement online kartu kredit anda (akan dikirim dalam waktu 2-3 hari kerja). Kartu kredit anda akan di charge $1.95 USD untuk keperluan ini. Tujuan mengirimkan kode keamanan PayPal ini adalah untuk memastikan bahwa alamat yang anda berikan adalah benar (bukan alamat fiksi belaka).
Jika anda sudah mendapatkan 4 digit kode keamanan tersebut dari statement bulanan atau statement online kartu kredit anda kemudian, login dengan account PayPal anda, kemudian dihalaman My Account klik link confirm untuk memasukan 4 digit kode keamanan dari PayPal, setelah anda memasukan 4 digit kode keamanan tersebut account PayPal anda akan menjadi Verified account dan akan ditambahkan $1.95 USD kedalam account PayPal anda otomatis kemudian karena menjadi Verified account, lalu anda akan dibawa kembali ke halaman My Account.
Pilihan 2 : Jika anda tidak ingin menjadi Verified member sekarang, lewatkan bagian ini, klik link untuk mendapatkan 4 digit kode keamanan dari PayPal lain waktu dihalaman My Account setelah login untuk mendaftar menjadi Verified Account, agar limit dana anda tidak dibatasi, anda akan dibawa kembali ke halaman My Account.

8 komentar:

Posting Komentar

Recent Comments