Alexa Sebagai Acuan Perinkat Web Bagi Blogger

Alexa.com merupakan salah satu dari sekian banyak website yang memberikan informasi tentang sebuah blog / web. alexa.com adalah website dari perusahaan Alexa Internet, Inc. yang berbasis di California. Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat
Alexa juga sering dikenal oleh banyak orang, terutama para blogger sebagai web pemeringkatan jumlah trafik kunjungan pada suatu web/blog. Oleh karena itu, Alexa menyediakan layanan pemeringkatan bagi sebuah web/blog yang dinamakan dengan Alexa Rank.


Alexa Rank adalah ranking yang diberikan oleh website alexa.com atas total jumlah pengunjung Unique Alexa Toolbar. Alexa memberikan peringkat ke sebuah situs berdasarkan jumlah pengunjung unik. Semakin tinggi rangking yang didapat, berarti web tersebut memiliki sedikit pengunjung.

Alexa trafic didasarkan pada pola penggunaan Alexa Toolbar. Alexa Rank hanya memberikan peringkat pada halaman domain tingkat atas saja seperti www.domain.com. Alexa tidak memberikan peringkat untuk subpages dalam sebuah domain seperti www.domain.com/subpage.html kecuali jika Alexa dapat secara otomatis mengenali web tersebut sebagai situs pribadi atau blog, seperti yang host di geocities dan tripod. Jika situs dikenal pasti sebagai halaman utama web pribadi atau blog, maka halaman utama tersebut akan dindex dan diranking oleh Alexa. Jadi alexa rank untuk sub page otomatis mengikuti Alexa rank halaman utama (home).

Kelemahan dari Alexa adalah jika pengguna internet tidak menginstal Alexa Toolbar di browsernya, maka walaupun terdapat seribu orang pengujung dalam sehari, Alexa tetap menilai web/blog tersebut tidak ada kunjungan. Alexa juga menganggap suatu web dikunjungi oleh 1 orang walaupun terdapat 20 orang pengunjung web dengan menggunakan IP (Internet Protocol) yang sama.

Kegunaan Alexa Tool Bar:

1. Alexa membantu memberikan informasi mengenai kualitas dan popularitas dari sebuah blog / web.
2. Alexa menyediakan program make money online.
3. Alexa memberikan informasi megenai volume traffic dari blog / web yang anda miliki.


Cara Kerja layanan Web Trafik Alexa

Alexa mengetahui perkembagan traffic pada suatu blog / web melalui toolbar alexa yang terpasang pada setiap browser komputer pengguna internet. Dengan itu lah alexa.com mengetahui berapa jumlah pengunjung dan halaman pada sebuah web/blog. Setelah semua data terkumpul maka alexa secara otomatis akan membuat ranking pada blog / web tersebut.

Selain itu, pihak Alexa mengumpulkan catatan dan meng-update informasi dalam kurun waktu 3 bulan. Jadi, setiap 3 bulan sekali blogger bisa melihat perkembangan blognya melalui Alexa Rank.

Banyak perusahaan periklanan menjadikan Alexa sebagai acuan untuk bekerjasama dengan para blogger dalam memberikan ruang iklan. Hal ini dikarena Alexa talah teruji mampu menganalisa keunggulan suatu web dengan layanan Trafiknya. Semakin bagus alexa rank pada suatu web/blog maka dapat dipastikan bahwa web tersebut banyak dikunjungi orang. Atas pertimbangan itulah, perusahaan periklanan lebih mempercayai Alexa Rank daripada yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Comments