Tips Ngirim Lamaran Kerja Via Email

Pesatnya perkembangan tekhnologi komunikasi memudahkan siapa saja melakukan interaksi maupun transaksi tak terkecuali pelamar kerja. Banyak perusahaan lokal, nasional, hingga perusahaan berkelas internasional telah menerapkan email sebagai salah satu cara mengatasi membludaknya para pencari kerja. Di samping itu pula, perusahaan lebih diuntungkan dengan efesiensi pengrekrutan tanpa harus mengeluarkan biaya mahal.

Di bawah ini terdapat tips mengirimkan lamaran kerja melalui email, yang mungkin dapat membantu anda mencapai kesuksesan berkarir.

1. Judul email

Tulis judul yang jelas tetapi singkat karena menolong penerimanya untuk segera mengetahui maksud dari email anda
Contoh "Lamaran untuk posisi manajer produksi"
Dengan catatan baca iklan lowongan kerja tersebut dengan teliti,karena mereka sering meminta anda menuliskan kode tertentu di judul email.

2. Di mana surat lamaran ditulis

Sesuai ketentuan umum berbagai perusahaan yang bergerak di bidang recruiting baik perusahaan nasional maupun multinasional. Bahwa lamaran (cover letter) dapat langsung ditulis pada badan email(di dalam email).

3. Bagaimana dengan resume

Jangan menulis resume anda di badan email. Tuliskan dalam file tersendiri dan jadikan sebagai lampiran (attach) email anda.

4. Jenis file attach yang dikirim
Pada umumnya perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan kerjanya jenis file yang boleh anda kirim.walaupun umumnya meminta file MS Word,terkadang mereka mengijinkan anda untuk mengirimkan file berformat pdf atau xls atau txt.jika tidak disebutkan kirimkan resume anda dalam file MS Word (.doc).

5. Ukuran (size) email
Usahakan ukuran email anda termasuk lampiran (attach) tidak melebihi 300kb.ukuran email ini terutama di pengaruhi oleh ukuran file yang di-attach(dilampirkan).jika anda diminta menyertakan foto,jangan masukan file foto yang size-nya terlalu besar.perkecil size-nya dengan menggunakan berbagai jenis program atau aplikasi photo editor,biasanya menjadi 30 kb dengan format jpg atau gif.

6. Dijadikan satu dalam bentuk zip
Bentuk file zip adalah bentuk file yang dimampatkan(dipadatkan) dan saat ini sudah umum dilakukan.bahkan banyak perusahaan yang meminta agar file-file yang di lampirkan (di-attach) di jadikan satu dalam sebuah file zip.ini memudahkan pihak perusahaan dalam mendokumentasikan dan menyortir file-file dari pelamar.

7. File attach yang terlalu besar akan diabaikan
Dapat anda bayangkan sendiri,bila anda menerima kiriman file di email yang size-nya besar,misalkan sampai lebih dari 1MB.tentunya anda malas membukanya(men-download-nya).demikian juga dengan perusahaan menerima email lamaran kerja anda.dengan kata lain anda telah gagal hanya dimasalah pengiriman email saja.

8. Lakukan uji coba pengiriman email
Untuk surat lamaran yang dikirim lewat email.selain melakukan proof read,anda juga perlu melakukan uji coba pengiriman.coba kirimkan email lamaran lengkap dengan attachment-nya ke alamat email anda yang lainya,tentu jangan mengirimkan percobaan tersebut ke email perusahaan yang anda tuju.
Uji coba pengiriman sangat diperlukan karena sering kali format email yang anda kirim berubah setelah sampai di alamat email lain,misal pengiriman email dari yahoo ke gmail,atau sebaliknya.selain itu anda bisa melakukan perbaikan bila di perlukan.
Jika anda hanya mempunyai satu alamat email,anda bisa membuat alamat email baru di yahoo,gmail atau yang lainya.


Di kutip dari UWONG KROYA BLOG

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Comments