Gempa 7,2 SR Mengguncang Aceh

Gempa berkekuatan 7,2 pada skala Richter (SR) mengguncang Aceh pukul 05.15 WIB, Rabu (7/4). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat titik pusat gempa berada sebelah Tenggara Sinabang, pada 2.33 LU-97.02 BT dengan kedalaman 34 km. Akibat gempa, beberapa warga terhimpit bangunan dan tertimpa pohon. Namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Hingga kini tercatat 41 orang korban luka akibat gempa tersebut, 21 orang diantaranya dirawat di rumah sakit setempat.


Beberapa fasilitas yang rusak akibat gempa diantaranya 46 unit rumah, 7 masjid, 1 mushala, 1 Puskesmas pembantu (Pustu), 1 Posyandu, 1 jembatan Kabupaten, 42 tiang listrik roboh dan sejumlah pohon dilaporkan tumbang. Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan dengan delapan kecamatan.

Gempa yang berpusat di pulau Simeulue itu sempat dilaporkan menimbulkan gelombang Tsunami setinggi 10-15 meter di Labuhan Bajau, Kecamatan Teupah Selatan. Menurut Camat Teupah Selatan, Helmi, gelombang tsunami dengan ketinggian permukaan laut satu-dua meter dan menghempas ke darat 10-15 meter itu terjadi sesaat setelah gempa mengguncang wilayah tersebut. Akibatnya, beberapa kapal nelayan mengalami kerusakan terhantam batu ditepian pantai.

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Comments